Cara Menggunakan Find My Device, Aplikasi Pelacak HP Menggunakan IMEI

Tidak banyak pengguna ponsel yang menyadari tentang kegunaan IMEI atau International Mobile Equipment Identity pada perangkat mereka. Padahal deretan nomor sejumlah 15 hingga 16 digit tersebut merupakan identitas ponsel yang memiliki berbagai kegunaan. Misalnya mengetahui keaslian perangkat dan melacak keberadaan ponsel apabila hilang. Cara melacaknya yakni dengan memanfaatkan aplikasi pelacak HP menggunakan IMEI.

Nomor IMEI sendiri berada di bagian dalam perangkat, seperti di balik tempat baterai dan pada stiker di kotak kemasannya. IMEI juga dapat dicek melalui perangkat Anda dengan mengetik *#06#, atau merujuk pada menu “about device”.

aplikasi imei track indonesia

Aplikasi Pelacak HP Menggunakan IMEI

Khusus untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Android, Google menghadirkan aplikasi “Find My Device” untuk melacak nomor IMEI pada ponsel yang hilang.

Pada pembaruan terakhir versi 2.2, Find My Device dapat digunakan untuk melacak nomor IMEI pada ponsel, beserta tanggal pendaftaran terakhir dilihat. Pada aplikasi pelacak HP ini, ketuk ikon “i” yang merujuk kepada informasi perangkat. Anda akan mendapati jenis perangkat, nomor IMEI beserta tanggal pendaftaran pertama di dalam menu tersebut.

Agar ponsel dapat terlacak, GPS dan internet harus diaktifkan dan perangkat dalam keadaan hidup. Sesudah memiliki nomor IMEI nya, Anda dapat menghubungi operator seluler untuk melacak ponsel dan memblokirnya. Nomor IMEI sendiri digunakan oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar pada jaringan mereka.

Cara Menggunakan Find My Device

Find My Device dapat diunduh melalui Google PlayStore secara gratis. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk melacak lokasi smartphone Anda.

Setelah mengunduh aplikasi pelacak HP menggunakan IMEI ini, Anda harus melakukan pengaturan. Anda dapat melacak lokasi ponsel dengan cara memasukkan kode IMEI pada aplikasi. Oleh karena itu, Anda harus mencatat kode IMEI ponsel agar dapat dilacak jika suatu saat hilang atau dicuri. Ponsel Anda kemudian akan berdering setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut, meski ponsel dalam keadaan mati. Dengan demikian Anda bisa mengetahui keberadaan smartphone selama masih dalam jangkauan pendengaran.

Setelah lokasi ponsel terdeteksi, Anda bisa terus memantau lokasi agar tidak kehilangan jejak.

Ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan terkait aplikasi pelacak HP Android Find My Device yaitu:

  • Pembaruan lokasi ponsel terlacak yang disajikan pada peta aplikasi dan situs web.
  • Ketika ponsel dicuri dan diganti dengan SIM baru, aplikasi ini akan mengirimkan SMS secara otomatis dari kartu yang dimasukkan.
  • Aplikasi bekerja dengan mengakses data lokasi Anda dan membagikan pada server internet dengan nomor telepon yang telah terdaftar.
  • GPS dan koneksi internet ponsel harus dalam keadaan aktif agar aplikasi berfungsi. Ketepatan lokasi akan sangat bergantung dengan koneksi internet dan ketepatan GPS pada ponsel.
  • Kegagalan koneksi internet akan menghambat pengiriman data, sehingga direkomendasikan digunakan pada jaringan 3G atau 4G.

Mengantisipasi Kehilangan Ponsel

Untuk menghindari ponsel hilang atau dicuri ketika dalam perjalanan, pastikan Anda menyimpannya di tempat yang susah dijangkau dan hanya gunakan ketika memerlukannya. Hindari menggunakan ponsel di tempat-tempat sesak atau sambil berjalan. Anda juga harus berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ponsel hilang karena jatuh, tertinggal di suatu tempat, atau dicuri.

Pertama, pastikan baterai terisi penuh ketika smartphone dibawa bepergian. Bawalah bank daya untuk mencegah ponsel mati saat dipakai. Ponsel dalam kondisi hidup sangat membantu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa melakukan pelacakan dengan menelepon ke nomor ponsel yang hilang, jika tidak sempat mengakses aplikasi dari perangkat lain.

Kedua, catat kode IMEI ponsel Anda di tempat yang mudah ditemukan, misalnya buku agenda. Cara ini lebih memudahkan daripada mengingatnya, karena kode yang panjang. Ketika ponsel hilang Anda dapat melacaknya dengan menggunakan aplikasi pelacak HP menggunakan IMEI.

Ketiga, nyalakan fitur GPS sebelum ponsel dibawa bepergian. Dengan menyalakan GPS, lokasi ponsel Anda dapat terdeteksi, sehingga ke mana saja ponsel dibawa, Anda bisa mengetahui posisinya. Pastikan juga koneksi internet dinyalakan, agar Anda dapat mendeteksi lokasi menggunakan aplikasi, jika hilang.

Nah, setelah membaca ulasan tentang aplikasi pelacak HP menggunakan IMEI di atas, Anda dapat langsung menginstalnya agar dapat digunakan di kemudian hari.

Cara Menggunakan Find My Device, Aplikasi Pelacak HP Menggunakan IMEI | admin | 4.5